Standar kompetensi; Analisis Bangsa dan Negara RI
Kompetensi Dasar: Siswa mampu menganalisis Bangsa dan Negara RI
Indikator: Siswa mempunyai sikap patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Contoh soal. Soal no 1.
Makna yang terkandung dalam nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa adalah…….
A. rela berkorban untuk kepentingan keluarga
B. selalu menentang pada setiap Negara yang menjajah
C. memberikan sebagian harta untuk masyarakat
D. selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan
E. perjuangan membela keadilan
Jawaban D
Tingkat kesukaran: mudah.
SK: Pemahaman dasr Negara dan konstitusi
KD: Siswa memahami Hubungan dasar Negara dan konstitusi.
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pncasila sebagai dasar Negara
Contoh soal no 2
Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa berarti pancasila sebagai lanjutan moral bagi warga Negara Indonesia dalam ………..
A. kehidupan masyarakat
B. bernegara
C. berpolitik
D. kehidupan bermasyarakat dan bernegara
E. kehidupan bermasyarakat dan berpolitik.
Jawban D
Tingkat kesukaran : mudah
SK: Pancasila sebagai idiologi terbuka
KD: Siswa mampu menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan.
Indikator: Siswa mampu menganalisis nilai Pancasila sebagai sumber norma hokum.
Contoh soal no 3
Seluruh hukum yang ada di Indonesia harus bersumber kepada pancasila sebagai ……….
A. kepribadian bangsa
B. sumber dari segala sumber hokum
C. dasar Negara
D. pandangan hidup bangsa
E. jiwa seluruh rakyat Indonesia.
Jawaban: B
Tingkat kesukaran : sulit (analisis)
Standar Kompetensi: Menganalisis bangsa dan Negara
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis Bangsa dan Negara
Indikator: Siswa mampu menganalisis tujuan NKRI dalam Pembukaan UUD 1945
Contoh soal:no 4
Cita-cita nasional Negara Indonesia tercatat dalam …….
A. Pembukaan UUD 1945 alinia 1
B. Pembukaan UUD 1945 alinia 2
C. Pembukaan UUD 1945 alinia 3
D. Pembukaan UUD 1945 alinia 4
E. Pembukaan UUD 1945
Jawab: D
Tingkat kesulitan: Sukar.
Standar kompetensi: Menganalisis pengertian Bangsa dan Negara
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis pengertian Bangsa dan Negara
Indikator: Siswa mampu menguraikan unsur-unsur Negara
Contoh soal no: 8
Pengakuan oleh Negara lain tentang adanya suatu Negara dan dapat menjalin hubungan dengan Negara yang mengakuinya pada batas tertentu merupakan pengakuan…….
A. Formal
B. Nonformal
C. Informal
D. De jure
E. De facto
Jawaban: E
Tingkat kesulitan: sukar
Standar kompetensi: Menganalisis pengertian bangsa dan Negara
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis Pengertian bangsa dan Negara
Indikator: Siswa mampu menganalisis terjadinya bangsa dan Negara
Contoh soal no: 11
Alasan sekelompok manusia membentuk Negara dan bangsa adalah…….
A. ingin hidup bebas merdeka
B. memiliki kemampuan yang sama
C. memiliki teknologi yang canggih
D. memiliki angkatan perang yang langsung
E. memiliki cita-cita, latar belakang sejarah dan tujuan yang sama
Jawaban: E
Tingkat kesulitan: mudah
Standar kompetensi: Memahami budaya politik di Indonesia
Kompetensi dasar : Mampu memahami budaya politik di Indonesia
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan budaya politik di Indonesia
Contoh soal no: 12
12. Secara etimologis istilah politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti:
a. Negara kota
b. Warga negara
c. Warga kota
d. Ahli negara
e. Kebijaksanaan
Jawabannya: a
Tingkat kesulitannya: mudah
Standar kompetensi: Menganalisis budaya politik di Indonesia
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis sosialisasi pengembangan budaya politik
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pengembangan budaya politik
Contoh soal no: 13
Agar dalam kehidupan masyarakat dan bernegara dapat tumbuh dan berkembang budaya politik yang demokratis, maka nilai-nilai dan prinsip demokratis perlu disosialisasikan kepada……………..
a. Para penyelenggara negara
b. Generasi penerus bangsa
c. Para anggota DPR dan MPR
d. Seluruh lapisan masyarakat
e. Setiap warga negara
Jawabanya: e
Tingkat kesulitannya: mudah
Standar kompetensi: Mendeskripsikan keterbukaan dan keadilan
Kompetensi dasar : Mampu mendeskripsikan keadilan
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan kadilan dalam masyarakat
Contoh soal no: 14
Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan perlakuan yang adil dalam segala bidang kehidupan merupakan makna dari……………..
a. Keadilan hukum
b. Keadilan rakyat
c. Keadilan sosial
d. Keadilan politik
e. Keadilan nasional
Jawabannya: c
Tingkat kesulitannya: sukar
Standar kompetensi: Menganalisis budya demokrasi dan masyarakat madani
Kompetensi dasar: siswa mampu menganalisis budaya demokrasi
Indikator: Siswa mampu menganalisis budaya demokrasi
Contoh soal no: 15
Demokrasi Pancasila mengajarkan bahwa dalam kehidupan kenegaraan tidak dikenal adanya diktator mayoritas maupun…………..
a. Diktator minoritas
b. Tirani minoritas
c. Tirani mayoritas
d. Diktator otoriter
e. Tirani otoriter
Jawabannya b
Tingkat kesulitannya: sukar
Standar kompetensi:Mendeskripsikan budaya politik di Indonesia
Kompetensi dasar : Mampu mendeskripsikan budaya politik di Indonesia
Indikator: Siswa bersikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari
Contoh soal no: 16
Salah satu cara mengembangkan budaya politik yang demokratis adalah penyelenggaraan pergantian pimpinan secara……………..
a. Langsung
b. Bebas
c. Transparan
d. Teratur
e. Demokratis
Jawaban : d
Tingkat kesulitan : analisis
Standar kompetensi:Menganalisis budaya demokrasi dan masyarakat madani
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis masyarakat madani
Indikator: Siswa mampu menganalisis hakikat masyarakat madani
Contoh soal no: 17
Masyarakat kota dan masyarakat yang terbuka hubungannya dengan masyarakat luas mengalami perubahan-perubahan yang cepat sehingga sering disebut masyarakat………….
a. Modren e. kewargaan
b. madani
c. dinamis
d. harmonis
Jawabannya: c
Tingkat kesulitannya: sukar
Standar kompetensi: Menganalisis budaya demokrasi dan masyarakat Madani
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis budaya demokrasi
Indikator: Siswa mampu menganalisis prinsip-prinsip budaya demokrasi
Contoh soal no: 18
Demokrasi yang berlaku di negara manapun pada umumnya dijalankan atas landasan……..
a. Agama
b. Hukum
c. Moral
d. Politik
e. filsafat
Jawabannya : b
Tingkat kesulitannya: sukar
Standar kompetensi:Menganalisis budya politik di Indonesia
Kompetensi dasar : Mampu menampilkan budaya politik di Indonesia
Indikator: Siswa dapat menampilkan budaya politik partisipan
Contoh soal no: 19
Bentuk partisipasi politik yang boleh dilakukan dalam budaya politik demokrasi antara lain demonstrasi menyampaikan pendapat dan membangun opini publik menuju……………
a. Kompromi politik e. demokrasi politik
b. Budaya demokrasi
c. Keteraturan hidup
d. Musyawarah mufakat
Jawabannya: a
Tingkat kesulitannya: sukar
Standar kompetensi: Menganalisis Hubungan dan organisasi internasional
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis hubungan dan organisasi internasional
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan hubungan internasional
Contoh soal no: 20. Dalam arti sempit, hubungan internasional mencakup hubungan antar Negara dalam hanya pada aspek…………..
a. politik
b. budaya
c. pertahanan keamanan
d ekonomi
e. social
Jawabannya: a
Standar kompetensi: Menganalisis Hubungan dan organisasi internasional
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis hubungan dan organisasi internasional
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan perwakilan diplomatik
Contoh soal no: 21 Seluruh kegiatan politik luar negeri suatu Negara dalam hubungannya dengan Negara lain dinamakan……………
a. kegiatan internasional
b. kegiatan komunikasi
c. kegiatan diplomatik’
d. kegiatan interaksi
e. kegiatan globalisasi
Jawabannya: c
Standar kompetensi:Menganalisis hubungan dan organisasi internasional
Kompetensi dasar : mampu mendeskripsikan hubungan diplomatik
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan perwakilan diplomatik
Contoh soal no: 22. Perwakilan Negara RI di luar negeri diselenggarakan oleh dinas Diplomatik dan……………
a. Departemen luar negeri
b. Dinas Internasional
c. kepala perwakilan
d. menteri luar negeri
e. menteri dalam negeri
Jawabannya: A
Standar kompetensi: Menganalisis hubungan dan organisasi internasional
Kompetensi dasar : mampu mendeskripsikan hubungan diplomatik
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan perwakilan diplomatik
Contoh soal no: 23. Seorang duta besar, duta dan menteri residen ditempatkan (diakreditasi) kepada…………..
a. kepala Negar
b. kuasa usaha
c. kepala perwakilan
d. menteri luar negeri
e. menteri dalam negeri
jawabanya: a
Standar kompetensi: Menganalisis Hukum dan peradilan Internasional
Kompetensi dasar : Menganalisis system hokum Internasional
Indikator: Siswa mampu menganalisis system hokum internasional
Contoh soal no: 24. Hukum yang mengatur hubungan hokum antara warga Negara satu Negara dengan warga Negara Negara lain dalam satu hubungan internasional, dinamakan………..
a. hokum perdata internasional
b. hokum internasional umum
c. hokum internasional khusus
d. hokum public internasional
e. hokum I nternasional regional
jawabannya: a
Standar kompetensi: Menganalisis Hukum dan peradilan Internasional
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis system peradilan internasional
Indikator: Siswa mampu menganalisis system peradilan internasional
Contoh soal no: 25. Proses penyeleaian perkara pelanggaran hokum internasional dari subyek hokum internasional berdasarkan hokum internasional, dinamakan……..
a. pengadilan internasional
b. system hokum internasional
c. hokum public internasional
d. peradilan hokum internasional
e. sumber hokum internasional
jawabannya: d
Standar kompetensi: Menganalisis keterbukaan dan keadilan
Kompetensi dasar : Mampu mendeskripsikan keterbukaan
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan keterbukaan
Contoh soal no: 26
Kerendahan hati untuk merasa selalu benar, serta kesediaan mendengar pendapat orang lain untuk diambil dan mengikuti yang terbaik disebut…………..
a. Keadilan
b. Kebenaran
c. Persamaan
d. Keterbukaan
e. Kesetaraan
Jawabannya: d
Tingkat kesulitan: mudah
Standar kompetensi: Menganalisis budaya demokrasi dan masyarakat madani
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis masyarakat madani
Indikator: Siswa mendeskripsikan cirri-ciri masyarakat madani
Contoh soal no: 27
Penghargaan kepada orang berdasarkan prestasi, bukan prestise seperti keturunan, kesukuan, ras dan lain-lain merupakan pengertian dari sikap……………
a. Toleransi
b. Egalitarisme
c. Musyawarah
d. Demokratis
e. Humanis
Jawabannya: b
Tingkat kesulitan: sukar
Standar kompetensi: Sikap positif tehadap Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar : Siswa mempunyai sikap positif terhadap pancasila sebagai idiologi terbuka
Indikator: Siswa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Contoh soal no: 28
Pengamalan secara subyektif merupakan konsekwensi dari perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai………………
A. Dasar negara
B. Norma hukum negara
C. Norma etik bernegara
D. Ideologi negara
E. Pandangan hidup
Jawabannya ; c
Tingkat kesulitannya sukar
Standar kompetensi: Sikap positif tehadap Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar ; Siswa mempunyai sikap positif terhadap pancasila sebagai idiologi terbuka
Indikator: Siswa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Contoh soal no: 29
Melaksanakan dan menaati segala peraturan perundangan sebagai norma hukum negara yang berdasarkan Pancasila, merupakan pengamalan Pancasila secara………….
A. Idealis e. objektif
B. Teoritis
C. Subyektif
D. yuridis
jawabannya; e
Tingkat kesulitannta: sukar
Standar kompetensi: Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Kompetensi dasar : Siswa memahami nilai Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Indikator: mendeskripsikan pancasila sebagai paradigma pembangunan
Contoh soal no: 30
Pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai landasan ideal dan landasan konstitusional . Dalam hal ini Pancasila sebagai…………….
A. Paradigma pembangunan
B. Ideologi nasional
C. Pandangan hidup bansa
D. Paradigma reformasi e. sumbr sgl hukum
Jawabannya: a
Tingkat kesulitannya sulit
Standar kompetensi: Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Kompetensi dasar : Siswa mampu memaknai nilai-nilai dalam Pancasila
Indikator: makna sila-sila Pancasila
Contoh soal no: 31
Bangsa Indonesia mengakui persamaan harkat dan martabat manusia. Hal ini selaras dengan nilai-nilai Pancasila, khususnya………….
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
E. kelima
jawabannya: b
Tingkat kesulitanya mudah
Standar kompetensi: Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Kompetensi dasar : Siswa memahami nilai Pancasila sebagai dasar negara
Indikator:Siswa mampu memaknai dasar negara
Contoh soal no: 32
Pancasila sbg dasar negara pd hakekatnya ………
A. Sumber segala sumber hukum
B. Hukum tertinggi dalam negara
C. Sumber norma sosial dan etika
D. Sumber hukum tertinggi
E. Sumber bagi hukum di bawah UUD
Jawaban a
Tingkat kesulitannya: sulit
Standar kompetensi:Pancasila sebagai idiologi bangsa
Kompetensi dasar : Siswa mampu mendeskripsikan pancasila sebagai idiologi terbuka
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pancasila sebagai
Contoh soal no: 33
Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara kita tidak hanya bersifat teoritis, melainkan juga bersifat……………..
A. Akademik
B. Terbuka
C. Fleksibel
D. Praktis
E. dinamis
Standar kompetensi: Menganalisis Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis Pancasila sebagai idiologi bangsa
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pancasila yang sah dan benar
Contoh soal no: 34
Rumusan Pancasila yang sah dan benar adalah yang terdapat dalam…………
A. Piagam Jakarta
B. Pembukaan UUD 1945
C. Undang-undang
D. Lambang negara
f. Kantor-kantor pemerintah
Jawaban: b
Tingkat kesulitan mudah
Standar kompetensi: Menganalisis Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis Pancasila sebagai idiologi bangsa
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis
Contoh soal no: 35
Penjabaran nilai-nilai dasar menjadi nilai-nilai yang operasional dinamakan nilai…………
A. Terbuka
B. Dasar
C. Instrumental
D. Tertutup
E. praksis
jawaban: c
tingkat kesulitan : sulit
Standar kompetensi: Menganalisis Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis Pancasila sebagai idiologi bangsa
Indikator: Siswa mampu menganalisis dimensi ideology Pancasila
Contoh soal no: 36
Pancasila bersumber dari kenyataan yang hidup dari masyarakat bangsa Indonesia. Hal ini berarti Pancasila mengandung dimensi………..
A. Sejarah
B. Idealisme
C. Subjektif
D. Realitas
E. Fleksibelitas
Jawabannya: d
Tingkat kesulitannya: mudah
Standar kompetensi: Menganalisis Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis Pancasila sebagai idiologi bangsa
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan makna idiologi
Contoh soal no: 37
Suatu nilai kehidupan yang dipandang baik dan diyakini kebenarannya sehingga menimbulkan tekad utk mewujudkannya disebut………
A. Keinginan
B. Cita-cita
C. Gagasan
D. Harapan
E. ideologi
Jawabannya: e
Tingkat kesulitannya mudah
: Standar kompetensi: Menganalisis system Pemerintahan
Kompetensi dasar: Mampu menganalisis system pemerintahan Inggris
Indikator: Mendeskripsikan system parlementer di Inggris
Contoh soal no 38
Negara pertama yang menjalankan system pemerintahan parlementer dan dikenal sebagai the mother of parliamentary adalah………….
a. Amerika serikat d. Belanda
b. Inggris e. Perancis
c. Jepang
Jabannya: b
Tingkat kesulitannya: sulit
Standar kompetensi: Menganalisis system Pemerintahan
Kompetensi dasar : Mampu menganalisis system pemerintahan Amerika
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan system pemerintahan Amerika
Contoh soal no 39
Amerika Serikat merupakan pelopor dalam system pemerintahan…………………………………
a. repoblik d. demokrasi
b. liberalisme e. parlementer
c. presidensial
Jawabanya: c
Tingkat kesulitannya: mudah
Standar kompetensi: Menganalisis system pemerintahan
Kompetensi dasar: mampu Mendeskripsikan pelaksanaan system pemerintahan di Indonesia
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pemerintahan orde lama
Contoh soal no 40
Pemerintahan pada periode 5 Juli 1959 sampai 11 Maret 1966 dikenal dengan…………..
a. Orde baru d. orde lama
b. dekrit Presiden e. reformasi
c. Supersemar
jawabannya: d
tingkat kesulitan: sulit
Standar kompetensi: Menganalisis system pemerintahan
Kompetensi dasar : mampu Mendeskripsikan pelaksanaan system pemerintahan di Indonesia
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pemerintahan reformasi
Contoh soal no 41
Gerakan reformasi menuntut terwujudnya pemerintahan yang bersih dan demokratis . pemerintahan yang bersih adalah……..
a. pemerintahan yang tidak sewenang-wenang kepada rakyat
b. pemerintahan yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme
c. mmmenjamin hak-hak asasi manusia
d. melaksanakan pancasila secara murni dan konsekwen
e. melaksanakan pembangunan disegala bidang
Jawabannya: b
Tingkat kesulitannta: sulit
Standar kompetensi: Menganalisis Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi dasar: mampu menganalisis Pancasila sebagai idiologi Bangsa
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan idiologi
Contoh soal no 42
Suatu ilmu atau cara mencapai cita-cita atau gagasan disebut……………………
a. keinginan d. harapan
b. cita-cita e. ideology
c. gagasan
jawaban: e
tingkat kesulitan: mudah
Standar kompetensi:
Kompetensi dasar
Indikator:
Contoh soal no 43
Standar kompetensi: Menganalisis peranan pers dalam masyarakat demokratis
Kompetensi dasar : mampu menganalisis pers indonesia
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pers
Contoh soal no 44
44. Pers, dalam arti sempit terbatas pada………..
a. media cetak b. radio c. televise d. film e. internet
jawaban: a
tingkat kesulitan: mudah
Standar kompetensi: Menganalisis peranan pers dalam masyarakat demokratis
Kompetensi dasar : mampu menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
Indikator: Siswa mamu mendeskripsikan kebebasan berbicara dan berpendapat di Indonesia
Contoh soal no 45
45. Kebebasan berbicara, berekspresi, dan berinformasi merupakan dasar penting dalam…..
a. system demokrasi d. Negara demokrasi
b. ketatanegaraan e. system politik
c. kebebasan politik
jawaban: d
tingkat kesulitan: sulit
Standar kompetensi: Menganalisis peranan pers dalam masyarakat demokratis
Kompetensi dasar : mampu menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
Indikator: Siswa mampu menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
Contoh soal no 46
46. Saat ini, dunia pers Indonesia berada dalam optimisme untuk masa depan kebebasan
Pers Indonesia dan masa depan……
a. media massa Indonesia
b. politik Indonesia
c. pemerintah Indonesia
d. publikasi nasional
e. demokrasi Indonesia
jawaban: e
tingkat kesulitan: sukar
Standar kompetensi: Menganalisis peranan pers dalam masyarakat demokratis
Kompetensi dasar: mampu menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pers yang bertanggung jawab
47. Selain sebagai saluran bagi debat public, pers juga dapat membentuk……
a. pendapat masyarakat
b. masalah public
c. program public
d. opini public
e. kebijakan public
jawaban: d
tingkat kesulitan: sulit
Standar kompetensi: Menganalisis peranan pers dalam masyarakat demokratis
Kompetensi dasar: mampu menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan pers yang bertanggung jawab
48. Dalam system politik Indonesia, pers atau media massa merupakan salah satu pilar demokrasi dan digolongkan dalam……..
a. system politik Indonesia
b. suprastruktur politi
c. kelompok kepentingan
d. system demokrasi
e. infrastruktur politik
Jawabannya: e
Tingkat kesulitannya: sulit
Standar kompetensi: Menganalisis peranan pers dalam masyarakat demokratis
Kompetensi dasar : mampu mendeskripsikan pers Indonesia
Indikator: Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan pers indonesia
49. Pers yang diusahakan oleh orang-orang Indonesia terutama orang-orang pergerakan nasional dan diperuntukan bagi rakyat Indonesia dinamakan pers……
a. bumiputra
b. pribumi
c. kebangsaan
d. repoblik
e. nasional
jawaban: a
tingkat kesulitan: mudah
Standar kompetensi: Menganalisis dampak globalisasi
Kompetensi dasar : menganalisis dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator: Siswa mampu menganalisis dampak glonalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
50. Globalisasi dipicu oleh perkembangan teknologi, terutama dibidang………..
a.transportasi, komunikasi dan informasi
b. ekonomi, social dan budaya
c. komunikasi dan ilmu pengetahuan
d. hokum, militer dan senjata nuklir
e. politik, ekonomi dan perdagangan
Jawabannya: a
Tingkat kesulitannya: sulit
0 komentar:
Posting Komentar